Aqiqah Nurul Hayat Tuban

Aqiqah Nurul Hayat Tuban

Aqiqah Nurul Hayat Tuban ialah cabang dari Aqiqah Nurul Hayat yang terletak di Surabaya.

Nah, kali ini kami hendak mengulas tentang hukum aqiqah di dalam islam bisa jadi sebagian orang telah tau tetapi buat yang belum tau jangan takut karna kami hendak berbagi ilmu sedikit mudah- mudahan berguna buat kamu.

Apasih Aqiqah itu?

Bisa jadi persoalan ini hendak timbul kala kita hendak meng- aqiqahkan anak, kita ketahui kalau aqiqah ialah ibadah yang dicoba buat balita yang baru lahir. Tetapi, apasih definisi aqiqah yang sesungguhnya?

Bagi bahasa aqiqah berasal dari kata’ aqqu(عَقُّ) yang memiliki makna potong. Memotong dalam makna tersebut berarti memotong hewan aqiqah, baik berbentuk kambing/ domba.

Ada pula dalil yang melaporkan kalau kambing yang disembelih itu dinamakan aqiqah, antara lain merupakan hadist yang dikeluarkan Angkatan laut(AL) Bazzar dari Atta, dari ibnu Abbas secara marfu, yang maksudnya:“ Untuk seseorang anak pria 2 ekor aqiqah serta anak wanita seekor”

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan kalau yang diartikan dengan Aqiqah merupakan serangkaian ajaran Nabi SAW buat anak yang baru lahir yang terdiri atas mencukur rambut balita, berikan nama serta menyembelih hewan.

Hukum Aqiqah

Para ulama berselisih komentar tentang hukumnya. Sebagian terdapat yang mewajibkannya tetapi kebanyakan berkata sunnah.

a. Pihak yang Mengharuskan Aqiqah, antara lain:

Syaikh Abdul‘ Azhim Angkatan laut(AL) Badawi Rahimahullah dalam kitab Al- Wajiiz melaporkan kalau‘ aqiqah merupakan sesuatu kewajiban atas orangtua.

Dari Salman bin Amir adh- Dhabby Radhiyallahu’ anhu, dia bertutur:

“ Aku sempat mendengar Rasulullah Shallallahu’ alaihi wasallam bersabda,” Bersama seseorang anak itu terdapat‘ aqiqahnya. Sebab itu alirkanlah darah untuknya serta singkirkanlah kendala darinya.”( Shahih Ibnu Majah nomor: 2562u Fathul Bari IX: 590 nomor 5472,‘ Aunul Ma’ bud VIII: 41 nomor: 2822u Tirmidzi III: 35 nomor: 1551 serta Nasa’ i VII: 164)

b. Pihak yang Melaporkan Aqiqah itu Sunnah, antara lain:

– Syaikh Utsaimin Rahimahullah:‘ Aqiqah merupakan sunnah muakkadah( sunnah yg amat diajarkan). Untuk orang yg tidak sanggup melaksanakannya hingga gugur kewajiban( sunnah) ini darinya.

– Imam Ahmad Rahimahullah mengatakan‘ Aqiqah ialah sunnah Rasulullah shallallahu‘ alaihi wa sallam. Dia sudah melaksanakannya buat Hasan serta Hushain. Para teman dia pula melaksanakannya. Serta Dari Hasan bin Samurah radhiyallahu’ anhu, Rasulullah shallallahu’ alaihi wasallam bersabda,

“ Seluruh anak yg lahir tergadaikan dengan‘ aqiqahnya.”( HR Abu Dawud, At Tirmidzi serta An Nasa’ i).

Sehingga tidak pantas, bila seseorang ayah tidak melaksanakan‘ aqiqah buat anaknya.( Angkatan laut(AL) Muntaqa Min Fatawa Syaikh Shalih Fauzan( 3/ 194)).

Tipe hewan buat Aqiqah:

Tipe hewan buat aqiqah semacam buat qurban. Buat anak pria 2 ekor kambing sebaliknya wanita seekor kambing sehat tidak cacat yang sudah berumur 2 tahun hijriyah.

Hendak namun, bila tidak sanggup 2 ekor buat pria, hingga seekorpun boleh. Perihal iini insyaAllah tidak hendak kurangi nilai aqiqah, asal kita jujur serta tidak berpura- pura tidak sanggup.

Doa Aqiqah

Dikala menyembelih hewan aqiqah, disyari’ atkan membaca sebagaimana yang disyari’ atkan pada qurban. Terdapat tuntunan membaca, Bismillah, Takbir“ Allahu akbar”, serta Aqiqah min( mengatakan nama anak yang diaqiqah).

Dalam suatu hadits yang diriwayatkan dari Al- Baihaqi, disebutkan:

وقالاذبحواعلىاسمهوقولوابسماللهواللهأكبراللهملكوإليكهذهعقيقةفلان

“…Lalu dia mengatakan sembelihlah atas namanya, ucapkan‘ Bismillah wallahu akbar. Allahumma laka wa ilaik. Hadzihi aqiqatu fulan’.( Dengan nama Allah, Allah yang maha besar. Ya Allah, ini milikMu serta untukMu. Ini merupakan aqiqah buat sang fulan”.

Buat kabar saja, untuk Bapak serta Ibu yang mau melakukan kegiatan aqiqah tanpa wajib repot serta pikir pusing alias terima beres, dapat memakai jasa dari kami Aqiqah Nurul Hayat.

Layanan Aqiqah Nurul Hayat Tuban bisa Kamu pesan lewat tiba langsung ke kantor kami dengan alamat dibawah ini, ataupun dapat pesan online pula via web.

AQIQAH NURUL HAYAT TUBAN

Jalur Delima 70, Kelurahan Kebon Tuban

Telp.( 0356) 332058/ 085102920509( WA)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *